CORAK HIDUP WARGA PAPUA SECARA TRADISIONAL, ANTARA POTENSI DAN KEKUATAN

Jadikan berbagai perbedaan suku di Papua sebagai potensi dan kekuatan!!

Corak hidup Pesisir
WEGAMO VOICE - Dalam keseharian hidup dilingkungan masyarakat adat warga Papua, mereka melaksanakan aktifitasnya sangat unik dan mendasar dengan atika kerja madani dan tidak berpengaruh pada perkembangan jaman akan sentuhan system social dan pemerintahan yang cenderung mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat Papua. Namun, mereka akan selalu bertahan hidup dangan budaya dan apa yang ada pada mereka walaupun jangkauan pengaruh budayanya relatif vakum dan berbatas orientasi pengaruhnya.

Ada dua sindikat rana kehidupan warga Papua dengan basis perekonomian yang memberikan ruang kehidupan yang sejahtera tanpa mengandalkan jamahan teknologi tepat guna (TTP). Segi aktifitas sumber kehidupan yang dimaksud, antara lain: Kehidupan ala Papua pegunungan dan Kehidupan ala Pesisir. Dua alam kehidupan ini bukan menjadi perbedaan yang signifikan tetapi merupakan kekayaan ekspresi untuk memajukan kehidupan perekonomian bagi bangsa Papua guna menjadi petensi dan kekuatan melawan setiap bentuk penindasan yang mencuat dari berbagai segi, terutama dalam bidang perdagangan, ekonomi dan bisnis. Mari perdayakan kaum pribumi untuk berinvestasi demi kemajuan dan peradaban bangsa Papua…!!

Hasil kerajinan Papua
Warga Papua yang hidup di Pesisir lebih banyak nelayan dan di pegunungan, mereka selalu bekerja keras membuat kebun dan bedeng serta berburuh bahkan nelayan bagi mereka yang berada di dekat danau, seperti halnya; warga Deiyai, Paniai, Sentani atau Habema. Selain itu memiliki berbagai kerajinan tangan sebagai ekspresi dari pengembangan akal budi yang mendasar. Mereka senantiasa merespon setiap peristiwa alam dengan seksama sehingga bayak dari mereka mempunya jiwa yang cenderung mencintai alam Papua dan radikal dalam memperjuangkan eksistensi Tanah dan Budaya Papua. Jiwa ini akan senatiasa bertumbuh dan berkembang dari jaman ke jaman hingga kejayaan bangsa Papua menjadi Gunung batu untuk Dunia seantero, seperti yang diungkapkan oleh seseorang yang memiliki motto” Three dimention for human life can be stand up big impact and direct atact.

Corak hidup pegunungan
Hal perbedaan bukan berarti musuh yang harus diperangi selagi mennganut sebuah paham budaya yang memiliki karakteristik yang mirip dan sama, hanya anggapan yang negative itulah yang hendak dihindari karena melalui itu sebuah fenomena buruk bias terjadi dengan masuknya segala bentuk penindasan dan penjajahan oleh bangsa lain, sebagai mana RI menjajah bangsa Papua melalui perbedaan-perbedaan yang ada diantara suku bangsa Papua. Sebuah potensi dan harapan bagi bangsa Papua akan perbedaan ini menjadi semangat perjuangan dengan memanfaatkan keunikan karakter budayanya agar menjadi kekuatan bersama untuk maju melawan kondisi relative dan menentang penjajahan agar kemudian bias menata kehidupan di Papua.

Hal ini menjadi cerminan bagi setiap warga Papua agar dapat memanfaatkan segala kekuatan dan potensi yang ada di setiap daerah untuk melakukan suatu upaya perubahan untuk mempercepat kebebasan dan mendorong kondisi rill akan kebenaran dan keadilan bangsa Papua Barat.


Reporter Wegamo Voice
Int: Nonce T.
Regard: Poyaitoba


0 komentar:

Posting Komentar

 

WEGAMO VOICE Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger